Rabu, 07 November 2012

FILSAFAT KUTANG


Kutang adalah filsafat hidup, simbol hidup, berisi pandangan hidup, dan pegangan hidup. Mohon jangan dipahami dalam arti sebenarnya ya, bisa-bisa saya dianggap musyrik karena menuhankan Kutang hehehe.

Dalam kehidupan ini segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan. Begitu juga dengan kutang yang terdiri dari dua bagian (cup) yang berpasangan dan saling melengkapi serta tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Coba saja anda bayangkan apa jadinya jika kutang cuma sebelah? Bisa-bisa lagu Noah diplesetkan jadi “Separuh kutang”.



Di alam semesta ini segala sesuatu diciptakan seimbang. Begitu juga dengan kutang, kedua bagiannya diciptakan seimbang sama besarnya. Saya belum pernah dengar atau melihat ada kutang gede sebelah atau kecil sebelah. Kalau sampai ada, apa kata dunia?

Kutang adalah lambang persahabatan yang baik, karena sahabat yang baik haruslah seperti kutang, dekat di hati dan selalu men-support.

Kutang adalah lambang kekuatan, karena sebuah kutang haruslah punya kekuatan yang cukup untuk menopang isinya. Bayangkan apa yang akan terjadi jika kutang gampang jebol atau gampang robek, atau tali kutangnya gampang putus karena tak kuat menahan beban isi kutang.

Kutang adalah lambang infinity atau tanpa batas. Anda tahu simbol infinity? Cobalah lihat di bawah ini, dan perhatikan kesamaan bentuknya dengan kutang. Bisa jadi simbol infinity ini sebenarnya dibuat berdasarkan bentuk kutang.

Kutang adalah simbol naik turunnya kehidupan, terlihat jelas dari bentuknya yang seperti gunung, ada tanjakan dan ada turunan. Mencerminkan bahwa hidup itu tidak selalu di atas, tapi juga kadang di bawah. Dimana-mana kutang pasti ada lekukan yang menonjolnya meskipun ukurannya bisa kecil atau besar tergantung ukuran isi kutang si pemakai. Tetapi setahu saya tidak ada kutang yang tanpa tonjolan alias kutang rata. Karena kutang dibuat berdasarkan kehidupan yang memang tidak selalu rata jalannya.

Masih banyak lagi filosofi kutang lainnya yang akan dibahas di lain kesempatan. Tapi untuk sementara ini pahamilah dulu bahwa kutang harus ada untuk keseimbangan dunia, dan hanya bisa digunakan untuk wanita, tidak boleh dipakai pria.

Demikianlah sekilas info tentang kutang hari ini, semoga dapat semakin mengkutangkan pemahaman anda tentang pentingnya kutang mulai sekarang dan di masa mendatang.

Salam kutang

Klontang klontang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar